IFrame Rental Laptop PC & Printer Jogja

apple silicon m1

Penasaran Seberapa Kuat Chip Apple M1 di MacBook Air Terbaru?

apple silicon m1

IFrame.co.id – Apple kembali memberikan kejutan di bulan November ini dengan mengeluarkan Macbook Air, Macbook Pro, dan Mac Mini seri terbaru. Yang spesial dalam paket macbook terbaru ini adalah chip prosesirnya.

Tak seperti keluaran produk-produk sebelumnya yang menggunakan chip CPU dari Intel, ketiga ekosistem komputer Mac ini ditenagai dengan “otak” besutan perusahaan sendiri, yakni Apple M1 (Apple Silicon), untuk pertama kalinya.

Dikutip dari kompas.com bahwa performa chip teranyar bikinan perusahaan asal Cupertino, AS ini dapat diketahui melalui hasil uji coba benchmark di situs Geekbench 5.

Diketahui dari laman tersebut, Macbook Air yang ditenagai Apple M1 mampu mencetak skor performa mencapai 1.687 poin pada mode single core dan multi-core mampu mencapai 7.433 poin.

apple silicon m1

Sejatinya angka itu lebih tinggi bahkan dengan Macbook Pro 16 inci (2019) yang ditenagai dengan prosesor Intel Core i9-9980HK. Tercatat laptop ini “hanya” memiliki skor performa single-core 1.043 poin dan 6.863 poin untuk multi core.

Masih dari KompasTekno, Senin (16/11/2020), angka yang berhasil dicatat oleh macbook air ini tergolong cukup bagus, untuk sekelas macbook air. Mengingat macbook air tersebut tidak dibekali dengan hardware untuk mendinginkan prosesor, besar kemungkinan karena dimensinya yang tipis.

Dengan berdasarkan hal itu, bisa kita prediksi bahwa Macbook Pro dan Mac mini, yang notabene menggunakan kipas heatsink, bakal mampu mencetak skor performa single-core dan multi-core lebih gila lagi, meski dibekali dengan chip CPU yang sama.

Hal tersebut benar adanya, setelah memantau di situs Geekbench, Macbook Pro yang mengandalkan Apple M1, prosesor yang sama dengan macbook air, mampu meraih skor performa single-core dan multi-core yang lebih tinggi meskipun tidak signifikan, yakni 1.749 poin dan 7.718 poin.

Kemudian sama halnya dengan mac mini. Perangkat ini mampu juga menghasilkan skor yang kurang lebih sama, yakni 1.747 poin untuk single-core dan 7.686 untul multi-core. Selain mengungkap skor benchmark, Geekbench juga mengungkap kecepatan base clock chip Apple M1 yang mentenagai ketiga komputer teranyar Apple ini, yakni 3,2 GHz, serta besaran RAM yang dipadankan dengan prosesor tersebut, ada opsi 8 GB dan 16 GB. Angka kecepatan base clock itu memang lebih tinggi dibanding CPU Intel Core i9-9980HK yang ada di Macbook Pro 16 inci (2020) dengan kecepatan base clock 2,3 GHz (turbo boost 4,8 GHz), ini bukti kedasyatan teknologi arsitektur 5 nanometer.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *