IFrame Rental Laptop PC & Printer Jogja

cara merawat laptop

6 Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet Bertahun-Tahun

IFrame.co.id – Cara Merawat Laptop | Semakin sering memakai laptop, tentu Anda juga harus tahu bagaimana cara merawat laptop yang tepat agar tetap bisa awet dipakai bertahun-tahun. Akan sangat disayangkan jika laptop kamu kerap keluar masuk tempat servis. Selain boros di ongkos, juga pekerjaanmu pun jadi terganggu.

Maka dari itu sangat penting untuk tahu tips dan cara merawat laptop yang tepat. Untuk itu, IFrame memberikan tips-tips merawat laptop berikut ini khusus untuk Anda.

cara merawat laptop

1. Hindari menggunakan laptop di atas kasur

Sebelum lanjut membaca, coba ingat-ingat apakah Anda sering menggunakan laptop beralaskan kasur atau bantal? Menyalakan dan menggunakan laptop beralaskan barang yang empuk seperti kasur atau bantal akan membuat sirkulasi udara dari bagian bawah laptop terganggu, karena lubang-lubangnya terhalangi kasur atau bantal.

Ini menyebabkan udara yang seharusnya terhisap ke dalam laptop menjadi mampet, akhirnya sirkulasi tak lancar dan menyebabkan pendinginan komponen-komponnennya tidak maskimal. Komponen-komponen yang overheat menyebabkan cepat rusak. Lebih baik biasakan untuk menaruh laptop ditempat yang rata sehingga sirkulasi udara dapat berjalan dengan semestinya.

2. Jangan pernah meletakkan minuman dekat laptop

Pada saat bekerja sering kali kita memang butuh makanan atau minuman untuk menjaga mood. Namun, menaruh minuman di samping laptop sama saja mendekatkan diri kepada malapetaka. Jika tangan Anda tidak sengaja menyenggol gelas dan minuman didalamnya tumpah ke laptop, siap-siap saja membawa laptop mu ke servisan. Maka dari itu berusahalah meletakkan minuman agak jauh dari laptop, atau pilihlah tempat minuman yang tidak mudah tumpah. Itu dimaksudkan untuk menghindari kemungkinan terjadinya insiden tumpahnya air ke laptop Anda.

3. Beri waktu istirahat untuk laptop

Cara merawat laptop selanjutnya, laptop memang tidak akan langsung mati jika Anda pakai terus-menerus tanpa istirahat, misalnya 2 atau 3 hari berturut-turut. Akan tetapi dampak yang akan Anda terima lebih pada efek jangka panjang. Anda juga perlu mengistirahatkan laptop beberapa saat untuk mendinginkan komponen-komponen di dalamnya. Karena kita semua tahu jika kipas pendingin laptop sangat terbatas, tidak seperti pendinginan pada komputer desktop.

4. Jangan biarkan baterai sampai kosong

Saat memakai laptop, jangan sampai lengah dan lupa bahwa baterai telah mepet. Segera charge laptop sebelum laptop benar-benar mati karena kehabisan baterai. Sering membiarkan baterai laptop sampai kosong akan memperpendek umur baterai. Lebih baik Anda mengisinya sebelum benar-benar habis. Untuk lebih aman, ketika indikator baterai menunjukkan angka 20% Anda sudah harus menyiapkan charger, dan segera charge saat indikator menunjukan 10%.

5. Matikan laptop secara benar

Matikan laptop sesuai langkah-langkah yang seharusnya, jangan asal mematikan dengan cara memencet tombol power. Hal ini juga merupakan cara merawat laptop agar tidak cepat rusak. Matikan laptop menggunakan sistem, dengan cara mengklik icon shutdown pada layar laptop Anda.

6. Hindari menaruh benda berat di atas laptop

Ini kerap kali tidak disadari oleh pengguna laptop, menaruh barang-barang di atas laptop yang sedang tertutup. Ingat ya, jangan pernah meletakkan benda berat di atas laptop. Ketika laptop ditekan oleh benda yang sangat berat, hal ini akan sangat beresiko pada LCD karena LCD tidak boleh mengalami tekanan yang berat. Maka dari itu, akan lebih baik jika tidak menjadikan laptop sebagai tatakan atau tempat menaruh barang, meskipun hanya meletakkan buku sekalipun.

Semoga 6 tips cara merawat laptop agar tetap awet di atas bisa bermanfaat untuk Anda. Jika Anda mengalami lapto bermasalah, atau butuh laptop tapi belum sembat beli, coba aja sewa laptop di IFrame.co.id. Kami melayani sewa laptop perorangan maupun dalam jumlah banyak.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *